Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak

Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak.- Sangat membahagiakan sekali jika melihat si kecil dapat bermain bebas lepas tanpa sedikitpun yang bisa menghalangi bermainnya. Bermain di tempat yang lapang sperti ditaman ialah tempat yang sangat menyenangkan bagi si kecil, namun para ibu-ibu harus selalu hati-hati bila mengajak si kecil bermain di luar rumah di karenakan banyak bahaya yang akan di alami si kecil, seperti gigitan serangga.
Untuk para Mama tak usah pusing dalam hal ini, tapi perlu kecermatan untuk mengobatinya. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya.



1. Nyamuk

Kulit dengan banyak bentol dan gatal menjadi pertanda bahwa si kecil digigit nyamuk. Untuk mengobatinya, cegah si kecil menggaruk daerah yang gatal karena akan menyebabkan pendarahan dan infeksi.

Hilangkan rasa gatalnya dengan membersihkan kulit dengan sabun. Setelah itu, oleskan dengan lotion pereda gatal atau kompres dengan air dingin.

2. Lebah

Ciri-ciri kulit yang terkena sengatan lebah antara lain terdapat daerah yang berwarna merah dan bengkak.

Selain itu, terdapat benda seperti jarum berwarna hitam di tengah area yang bengkak. Jarum tersebut merupakan “senjata” beracun yang dikeluarkan oleh lebah. Untuk mengobatinya, Mama harus menyingkirkan jarum tersebut.

Pijat dengan lembut area di sekitar jarum. Jangan mengambilnya dengan pinset karena hal itu akan membuat racun semakin masuk ke dalam kulit.

3. Laba-laba

Gigitan laba-laba menjadi gigitan serangga yang memberikan efek cukup parah sebab banyak jenis laba-laba yang beracun. Gigitan laba-laba dapat mengakibatkan merah dan bengkak.

Jika digigit laba-laba beracun, pembengkakan tersebut juga diikuti dengan keluarnya cairan dari luka. Jika hanya membuat kulit si kecil merah, Mama hanya perlu membersihkan kulit dan mengompresnya dengan air dingin.

Namun, ketika digigit oleh laba-laba beracun, Mama harus membawanya ke dokter.

Baca juga artikel tentang Manfaat ibu menyusui untuk bayinya 

 Bisa saja si kecil mengalami alergi akibat gigitan tersebut. Tanda-tanda yang muncul seperti gatal-gatal, susah bernafas, berliur, pingsan, pembekakan pada mata dan bibir serta peningkatan pada detak jantung.

Mama juga harus cepat-cepat membawanya ke dokter kalau terjadi hal-hal seperti diatas. juga harus di hindari beberapa penyebab terserangnya gangguan serangan serangga di luar rumah. Seperti, tidak memakai pakaian cerah pada saat diluar rumah. Karena warna cerah sangat memicu serangan serangga. Jangan lupa ajarkan pada si kecil ada beberapa serangga yang tak boleh di pegang karena sangat berbahaya bagi dia.  

Share : Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak

Related Posts

Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak
4/ 5
Oleh

0 komentar : Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak

0 komentar : Pertolongan Pertama Gigitan Serangga Pada Anak

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami