Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan

Cara Mendirikan Tenda Untuk Perkemahan-  Pramuka adalah kepanjangan dari praja muda karana yang artinya sekumpulan anak muda yang memiliki karya atau sedang berkarya. Dari pengertian tersebut, maka pantas apabila pramuka dianggap sebagai penerus bangsa yang memiliki karya dan kemajuan dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah, banyak karya yang bisa diambil dari kegiatan kepramukaan ini.

Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan
Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan
Ok bagi sahabat yang sukanya berpetualang seperti kemah maka tentunya sobat bisa dong membikin tenda atau cara-cara membuat tenda. Biar jelas bagi sobat yang masih pemula untuk mendirikan tenda berikut ini cara-cara mendirikan tenda yang benar.

Cara Mendirikan Tenda Kecil

1. Langkah pertama yaitu letakkan tenda diatas tanah yang datar dengan bagian punggung (bagian dalam tenda) ada di atas. Setelah itu pasang tongkat/tiang tenda baik yang bagian belakang maupun depan. Setelah itu pasangkan pula patok-patok tenda pada pintu dan juga di tiap-tiap sudut tenda.

2. Selanjutnya Tegakkan tongkat bagian belakangm kemudian ikatkan tali pada patok baik yang depan maupun disudut kanan kiri tenda.

3. Setelah itu langkah ke tiga Tegakkan tongkat bagian depan kemudian ikatkan tali pada patok baik yang depan maupun di sudut kanan maupun kiri tenda.

4. Langkah selanjutnya ikatkan tali tengah dan tarik kuat-kuat agar kencang, kemudian ikatkan tali-tali dinding tarik kuat sehingga posisi tenda menjadi kencang.

Yang perlu diperhatikan;

Sobat haruslah berhati-hati ketika memasukkan paku/ujung tiang tenda ke tenda dan hati-hati pula ketika menarik tali tenda. Masukkan tiang dan menarik tali tenda yang tidak hati-hati bisa menyebabkan tenda robek.

Cara Memasang Tenda Besar

1. Langkah pertama letakkan tenda diatas tanah yang rata dengan bagian punggung (bagian dalam tenda) ada di atas. Pasang tiangtenda baik bagian depan maupun belakang pintu tenda. Tancapkan dua patok pada garis tengah tenda lalu lipat tenda.

2. Tunjuk 4 orang anggota regu untuk mendirikan tenda 2 orang bertugas mengangkat mendirikan dan memegangi tiang tenda. 2 orang bertugas menarik tali tenda yang disiapkan.

3. 2 Orang tadi suruh untuk menarik dan mengikat tali pada patok tenda dengan pembagian kerja sbb;
Pertama mengikat tali dulu yang ada di kedua sudut (kanan dan kiri) kemudian mengikat tali pada bagian depan/pintu tenda. Tariklah tali dengan kuat dan ikatkan dengan ikatan yang benar.

4. Langkah ke empat selanjutnya ialah Ikatkan tali-tali dinding tenda pada patok yeng telah disiapkan. Tarik kuat-kuat agar tenda dapat berdiri kokoh dan kencang. Ikatkan yang kuat dan benar akan enjadi tenda yang sangat kokoh, kuat, rapi, dan pastinya enak untuk dipandang.

NB; Hati-hati saat menarik tali agar tenda tidak robek

Cara Memasang Patok Tenda

1. Langkah pertama Pengikat tali tenda ditanah yang keras

Dengan memanfaatkan batang pohon baik yang satu batang pohon atau beberapa batang pohon. Tenda yang didirikan di bawah pohon hendaknya diamati dulu kondisi pohonnya apakah ada batang atau ranting yang sudah rapuh karena ini sangat penting bagi keselamatan sobat dan juga sangat beresiko jatuh ketenda. Misalnya di tanah yang keras tali tenda bisa diikatkan di tongkat kemudian sebagai penguat ditindih dengan batu-batu yang besar.

2. Pengikat tali tenda ditanah berpasir atau tanah gambur

Jika sedang mengalami kondisi tanah yang berpasir atau bergambur tali tenda diikatkan dengan benda berat seprti (batu, besi, batang pohon dsb) pokoknya yang ukuruannya jauh lebih berat. Atau bisa juga dapat diikatkan dengan kombinasi beberapa patok sekaligus dan kombinasi antara patok dengan batang-batang bambu/besi.

Demikianlah Tutorial Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan Semoga dapat bermanfaat untuk adik-adik yang sedang ingin berkemah atau ingin mendirikan tenda.

Share : Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan

Related Posts

Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan
4/ 5
Oleh

0 komentar : Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan

0 komentar : Langkah-Langkah Mendirikan Tenda Perkemahan

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami