Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Khatam Al-Quran- Halo teman-teman bagaimana puasanya kali ini semua pasti masih kuatkan, nah kali ini kami akan membagikan tips bagaimana caranya agar dibulan yang penuh berkah ini kita bisa megkhatamkan Al-Qur'an. Tentunya adalah hal yang sangat kita inginkan ya bisa khataam Al-Qur'an apalagi dibulan suci ramadhan. 

Tadarus merupakan ibadah yang banyak mengunakan mata dan suara. Tapi yang utama adalah mata. Jadi, tak perlu bersuara terlalu keras untuk menghemat tenaga. Jika sedang batuk misalnya, cukup membaca dalam hati juga tak mengapa. Masalah suara saat tadarus yang kadang-kadang makin lama makin berasa sember, sebenarnya saat itu pita suara kita sedang dalam masa adaptasi. Jika kita mengalami hal tersebut, ikuti saja, bablas terus, lama-lama suara akan muncul lagi dengan baik. Begitu kata salah seorang ustad Al Hafidz. Tubuh akan menyesuaikan dengan perlakuan yang diterima, meskipun awalnya tak terbiasa dan terasa berat. Sama seperti bangun untuk sahur, awalnya berat, lama-lama terbiasa.

Pada hari-hari biasa, Rasulullah SAW mengatakan bahwa Al Quran dikhatamkan tak boleh lebih cepat dari 3 hari dan tak kurang dari satu bulan, sebagaimana bunyi hadits:

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran setiap sebulan sekali.” Aku menyatakan, “Aku mampu melakukan lebih banyak dari itu.” Beliau pun terus menguranginya sehingga menjadi tiga hari.” (Hadis Riwayat al-Bukhari, 7/93, no. 1842)

Tapi untuk Ramadhan, ada perlakuan khusus. Tiap malam Rasulullah bergantian dengan malaikat Jibril melakukan tadarus dan mengkhatamkan Al Quran. Ulama sekaliber Imam Syafi’i yang sangat berkhidmat pada ilmu, selama Ramadhan memfokuskan perhatiannya pada ibadah-ibadah khusus, antara lain tadarus. Diriwayatkan, beliau bisa menamatkan tadarus Al Quran sebanyak 60 kali selama Ramadhan. Kita tak perlu menelisik lebih jauh, bagaimana caranya itu sampai bisa 60 kali khatam, memang nggak ada urusan lain? Hal yang perlu diperhatikan dan kita contoh adalah Rasulullah dan generasi salaf memberikan perhatian khusus pada bulan Ramadhan untuk ibadah tertentu yang dianjurkan, antara lain tadarus Al Quran.

Kaitannya dengan tadarus Al Quran selama Ramadhan, memang tak bisa cuma modal kepingin. Harus ada upaya kuat agar target khatam Al Quran tercapai. Tentang target berapa kali khatamnya, tentu tak bisa dipukul rata, disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Bagaimana  Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan berikut ini caranya simak:

Untuk Satu kali Khatam

1. Sholat Subuh 4 halaman
2. Sholat Dzuhur 4 halaman
3. Sholat Ashar 4 halaman
4. Sholat Magrib 4 halaman
5. Sholat Isya' 4 halaman

Untuk Dua Kali Khatam 

1. Sholat Subuh 8 halaman
2. Sholat Dzuhur 8 halaman
3. Sholat Ashar 8 halaman
4. Sholat Magrib 8 halaman
5. Sholat Isya' 8 halaman

Untuk Tiga Kali Khatam

1. Sholat Subuh 12 halaman
2. Sholat Dzuhur 12 halaman
3. Sholat Ashar 12 halaman
4. Sholat Magrib 12 halaman
5. Sholat Isya' 12 halaman

Sebarkan kebaikan, Rasulullah bersabda; "Barang siapa menunjukkan satu kebaikan, maka baginya pahala semisal orang yang mengikuti KEBAIKAN tersebut." (HR. Muslim, No.1893)

Apabila sobat merasa artikel ini bermanfaat maka alangkah baiknya jika sobat juga memberitahukan artikel ini kepada semua kerabatnya agar teman-temannya bisa mengetahui Trik Khatam Al-Quran, Siapa tahu dengan mengetahuinya teman sobat terus menerus membaca Al-Qur'annya hingga khatam sehingga sobat juga telah melakukan kebaikan. Selamat menunaikan ibadah puasa ya sob.
 

Share : Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Related Posts

Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

0 komentar : Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan

0 komentar : Trik Khatam Al-Quran Di Bulan Ramadhan

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami