Fungsi ISP Dalam Internet

Fungsi ISP Dalam Jaringan Internet- Halo sobat degansinia kali ini akan membahas tentang Fungsi isp dalam Jaringan internet. Internet pada saat ini merupakan kebutuhan primer bagi kebanyakan masyarakat karena tanpa adanya internet akses informasi pun sangat lambat. Internet merupakan jaringan yang sangat luas dan sangat dibutuhkan oleh seluruh orang di penjuru dunia.

Fungsi ISP Dalam Internet
Fungsi ISP Dalam Internet
ISP merupakan kependekan dari Internet Service Provider. melihat dari maknanya saja sudah jelas bahwa dalam koneksi jaringan internet ISP memiliki peran yang sangat penting yaitu menyediakan koneksi kedalam jarinagn internet.

Cara kerja ISP sebenarnya sederhana, sebagai user hanya perlu memberi permintaan untuk pemberian akses internet kepada penyedia jasa internet, atau ISP. Kemudian ISP akan melakukan routing jaringannya ke dalam device yang anda miliki seperti modem, acces point, ataupun Handphone. Dengan begitu sobat bisa menikmati akses internet dengan mudah dan cepat.

Fungsi ISP Dalam Jaringan Internet

1. Menyediakan Jasa Akses Internet Untuk User

Fungsi utama dari sebuah ISP dalam jaringan internet adalah menyediakan jasa akses internet bagi usernya. Caranya User hanya perlu melakukan proses request akses internet ke ISP yang diinginkan, kemudian ISP akan memberikan biaya akses yang sesuai dengan kebijakan masing-masing ISP.

2. Mentransmisikan jaringan ke User

Setelah user sedah memastikan melakukan request permintaan akses jaringan kepada ISP, maka saat itu juga ISP akan melakukan proses trensmisi dari data servernya menuju ke User. Ini dilakukan dengan menggunakan jaringan kabel ataupun wireless.

3. Mendukung Penggunaan Internet Secara Optimal

Bukan hanya menyediakan layanan akses internet bagi user personal saja, namun juga mendukung layanan jasa akses internet bagi banyak user. Itu berarti semua user baik personal maupu perusahaan dengan oranisasi bisa menikmati penggunaan internet yang disediakan oleh internet.

4. Melakukan Proteksi Terhadap Virus

Beberapa dari ISP selalu menambahkan layanan akses internetnya dengan beberapa tambahan untuk para usernya, dan salah satunya adalah tambahan program internet security. Dengan adanya internet security ini, maka user tidak perlu takut dengan virus dan gangguan sistem komputer lainnya yang mengakibatkan spam bersarang pad device karena internet.

5. Memblokir Konten Yang Tidak Pantas (Mengandung Sara)

Saat ini pemerintah memiliki kebijakan dan juga peraturan tersendiri mengenai konten-konten internet yang rawan seperti konten Sara, dan juga pornografi serta tindakan yang merugikan lainnya. Maka dari itu beberapa ISP pun sudah sigap untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang tak pantas dipublikasikan tersebut.

6. Merekomendasikan Situs yang Sesuai Dengan User

ISP juga dapat merekomendasikan situs-situs apa saja yang sesuai dengan usernya. Hal ini akan sangat membantu usernya dalam memilih halaman wabsite yang sesuai dengan kapasitas usernya.

7. Mengontrol Speed Akses Internet

ISP juga dapat berfungsi sebagai pengontrol kecepatan dari akses internet. Beberapa layanan ISP bahkan dapat memberikan paket layanan akses internet dengan beberapa pilihan kecepatan akses. Semakin cepat speednya maka semakin mahal pula harga layanannya.

Itulah sobat beberapa Fungsi ISP Dalam Jaringan Internet semoga artikel ini bisa membuat anda tambah pengetahuan tentang ISP.

Share : Fungsi ISP Dalam Internet

Related Posts

Fungsi ISP Dalam Internet
4/ 5
Oleh

0 komentar : Fungsi ISP Dalam Internet

0 komentar : Fungsi ISP Dalam Internet

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami