Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat

Cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat - Sobat punya kipas angin dirumah pastinya kipas angin sangat dibutuhkan oleh kalangan keluarga apalagi kalau di musim panas. Selain dapat menggantikan AC kipas angin juga sangat ekonomis dari segi harga maupun jangkauan. Nah pastikan kipas angin anda di rumah sesuai harapan, ya harapan daya putarannya kuat dan bisa memngeringkan kringat atau mengurangi kadar panas yang ada di dalam rumah.
Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat
Kipas Angin
Problem kipas angin yang lambat putarannya seringkali terjadi jika hal ini dibiarkan maka akan berujung kerusakan lilitan motornya alis terbakar. Terkadang kita juga tidak menyadari bahwa kipas angin kita rusak salah satu gejalanya adalah putaran kipas menjadi pelan dn bisa juga macet.

Jika tiba-tiba kipas angin sobat melambat atau bahkan macet pasti ada problem yang harus segera diatasi. Tapi sobat tidak usah khawatir jika kipas anginnya tiba-tiba mati atau rusak pada lilitannya. Jika ini terjadi tentunya banyak biaya yang akan sobat keluarkan untuk memperbaiki gulungan atau rewinding.

Jika sekarang sudah mengetahui gejala awalnya kipas angin mau rusak maka segera diperbaiki karena tidak memungkinkan kipas angin yang mahal bisa awet, bahkan kadang yang murah bisa lebih awet. Untuk memperbaiki putaran kipas angin yang pelan maka sebaiknya sobat melakukan hal-hal berikut ini pada kipas anginnya.

Memperbaiki Putaran Kipas Angin yang Pelan

1. As Dinamo

Jika pelumas kering ini juga bisa mengakibatkan kipas angin lambat berputar maka solusinya adalah melumasnya dengan oil bekas. Tapi sebelum m=dikasih oli bekas disarankan untuk membersihakn terlebih dahulu as dinamonya jika banyak kotoran. Bisa menggunakan bensin untuk membersihkan kotoran grease atau stempet yang menmpel pada as dan sulit dihilangkan.

2. Kapasitor Kipas

Kapasitor komponen yang satu ini sangat rentan pada kerusakan. Bisa langsung saja diganti dengan yang baru sesuai whatt kapasitor biasanya 1uf/400v sampai 1,5/400v.

3. Thermostat

Thermostat adalah pengamanan jadi jika terjadi panas berlebihan pada lilitan dinamo, maka alat ini akan segera putus apalagi jika suhu lilitan over heat. Akan tetapi thermostat tidak putus tapi melemah. Menjadikan suplay tegangan drop dan akhirnya menjadi pelan, untuk menggantinya anda harus membuka dinamo karena alat ini berada di dalam sambungan kabel pada lilitan di dalam dinamo.

Keterangan:

Jika sobat sudah melakukan tutorial yang pertama dan yang ke dua akan tetapi putaran masih lemah maka sudah bisa dipastikan thermostat lemah. Kemungkinan terparahnya adalah putusnya salah satu lilitan bantu atau jalur kapasitor sehingga kipas angin menyala seperti tanpa kapsitor. Jika lilitan yang terbakar maka dinamo tidak bisa berputar sama sekali disertai bau gosong.

Nah demikianlah cara memperbaiki putaran kipas angin yang pelan. Seoga bisa membantu sobat yang mengalami hal-hal diatas dan trimakasih sudah mampir di website kami.

Share : Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat

Related Posts

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat
4/ 5
Oleh

0 komentar : Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat

0 komentar : Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Daya Putarannya Lambat

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami