Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong

Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong.- Siapa sih yang gak kesal jika di bohongi apalagi dibohongi sama teman, pacar, atau yang lainnya. Sekarang tak usah bingung bagaimana mengetahui seseorang yang kita ajak bicara itu bohong apa tidak kepada kita, anda akan lebih tau sekarang bagaimana caranya mengetahui si doi apa si pacar berbohong kepada kita apa tidak, mau tahu tipsnya berikut sudah kami rangkum beberapa cara mengenal seseorang lagi berbohong.

1. Pola bicara dan nada suara mendadak berubah

Orang yang berkata jujur akan cenderung konstan pola bicara dan nada suaranya. Namun jika seseorang tersebut mendadak mengubah pola bicara dan nada suaranya, semisal dari yang aktif menjadi lemah lembut tanpa sebab, bisa jadi saat itu ia sedang berbohong. Umumya perubahan tersebut disebabkan adaptasi dalam sinkronisasi otak dan mulut dalam menentukan ucapan yang pantas untuk disampaikan.

Saat nada bicara berubah cepat berarti yang bersangkutan ingin menyudahi pembicaraan, dan sedangkan jika nada suara menjadi pelan maka yang bersangkutan tengah berupaya meyakinkan lawan bicara dengan ucapan rekaannya.


2. Menghindari menggunakan kata 'aku' dalam obrolan

Orang yang tengah berbohong cenderung menceritakan banyak hal tanpa menggunakan kata 'aku'. Hal ini disebabkan karena kata 'aku' mengandung kepercayaan diri, di mana saat berbohong, perasaan tersebut menjadi rancu di dalam hati.

Jika sekilas seseorang yang sedang berbohong terlihat meyakinkan, sesungguhnya ia tengah dilanda ketakutan bahwa ucapan fiktifnya akan diketahui orang lain. Terlebih jika dalam perbincangan panjang lebar, yang bersangkutan sering bercerita mengenai dirinya namun jarang menggunakan  kata 'aku', sudah dapat dipastikan ia tengah berbohong.


3. Selalu memiliki jawaban untuk banyak pertanyaan

Hal ini sebenarnya agak rancu, karena belum tentu mereka yang selalu berhasil menjawab beragam pertanyaan adalah mereka yang tengah berbohong. Namun jika Anda mencoba bertanya mengenai sesuatu yang tampak mustahil dijawab dengan mudah, dan ternyata yang bersangkutan menjawabnya dengan penjelasan panjang lebar yang sulit ditemui titik simpulnya, maka sudah dipastikan yang bersangkutan tengah berbohong.


4. Terlihat gugup dan berbicara panjang lebar tanpa alasan
Perasaan gugup yang menandakan seseorang tengah berbohong dapat dilihat dari polah tingkah tidak biasa yang ditunjukkan di depan lawan bicaranya, seperti berkali-kali mengelap kaca mata, memainkan benda-benda yang ada di hadapnnya, atau berkal-kali membenarkan letak pakaiannya.

Selain itu, saat seseorang berbohong biasanya ia menceritakan suatu hal panjang lebar, sebagai contoh ketika ditanya tentang pertanyaan A, maka ia menjawabnya dengan panjang lebar tanpa arah.


5. Berkali-kali mengungkapkan kata 'penanda jujur' berkali-kali


Kata 'penanda jujur' adalah ungkapan-ungkapan yang diucapkan untuk meyakinkan seseorang, seperti 'sejujurnya', 'sumpah, saya….', dan 'demi Tuhan…'. Orang yang jujur akan sedikit mengucapkan kata-kata tersebut, dan umumnya dalam nada yang tegas. Sedang saat berbohong, seseorang cenderung akan mengatakan kata 'penanda jujur' berkali-kali dan dengan nada bicara yang terkesan panik guna meyakinkan lawan bicaranya

Share : Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong

Related Posts

Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong
4/ 5
Oleh

0 komentar : Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong

0 komentar : Cara Mengenal Ciri-Ciri Orang Berbohong

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami