Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap

Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap. Shalat istiqarah ialah sholat sunnah dua rokaat yang dikerjakan seorang muslim untuk meminta petunjuk kepada ALLAH SWT yang sedang bingung untuk menentukan diantara pilihannya karena bimbang diantara dua atau lebih pilihan atau masih ragu untuk menentukannya atau masih bingung untuk memutuskannya. Salat istikharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau hingga dua belas rakaat (enam salam). Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yang pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun (1 kali). Selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yang kedua, diutamakan membaca 1 Surah Al-Ikhlas (1 kali). namun untuk surah yang lain tetap diperbolehkan dibaca selepas membaca surah Al-Fatihah, baik pada rokaat pertama dan kedua.

Setelah salam dilanjutkan do'a shalat istikharah kemudian memohon petunjuk dan mengutarakan masalah yang dihadapi. Sebuah hadits tentang do'a setelah salat istikharah dari Jabir r.a mengemukakan bahwa do'a tersebut dapat berbunyi :

    "Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (Hadits riwayat Al Bukhari) 

Pada dasarnya sholat istikhoroh dapat dilaksanakan kapan saja namun sangat dianjurkan untuk melaksanakannya dalam sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad juga menganjurkan umatnya jika menginginkan atau memilih keputusan untuk melaksanakan shalat ini.

Inilah Niat Sholat Istikharah:

 
Ushalli sunnatal Istikharaati Rak'ataini Lillahi Ta'aala

Artinya: 
Aku sembahyang sunnat istikharah 2 rakat kerana Allah Ta’ala 


Share : Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap

Related Posts

Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap
4/ 5
Oleh

0 komentar : Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap

0 komentar : Tata Cara Sholat Istiqarah Lengkap

=> Silahkan berkomentar sesuai tema diatas
=> Berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak akan kami publikasikan
=> Berikan komentar dengan bahasa yang bagus karena akan dibaca banyak orang
=> Trimakasih telah membaca kebijakan komentar dari kami